3 Analogi dalam Arsitektur

ANALOGI BIOLOGIS

Analogi Biologis dalam arsitektur merupakan proses Analogi Arsitektur yang menganggap bahwa membangun adalah proses biologis bukan proses estetis. Dengan arti yang lebih luas, dalam merancang menggunakan pendekatan Analogi Biologis maka arsitek tersebut lebih mengedepankan proses pembangunannya terhadap fungsi dan keadaan serta keberadaan bangunan tersebut terhadap lingkungan sekitar daripada mengedepankan keindahan bentuk bangunan. Analogi biologis terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Organik, bersifat umum, dengan metode terpusat pada hubungan antara bagian-bagian bangunan atau antara bangunan dengan penempatannya /penataannya.
  2. Biomorfik, lebih bersifat khusus, dengan metode terpusat pada pertumbuhan proses-proses dan kemampuan gerakan yang berhubungan dengan organisme.

Contoh karya arsitektur dengan pendekatan analogi biologis:

Falling Water House (Frank Lloyd Wright)
Fallingwater adalah rumah yang didesain oleh arsitek amerika Frank Lloyd Wright (1867-1959). Rumah ini dirancang sebagai private residence dan weekend home bagi keluarga pemilik Pittsburgh department store, Edgar J. Kaufmann, Sr. Fallingwater adalah salah satu karya Wright yang paling banyak diakui dan paling dicontohkan filosofinya tentang arsitektur organik: kesatuan seni dan alam yang harmonis. Fallingwater terletak di pegunungan barat daya Pennsylvania, juga dikenal sebagai Dataran Tinggi Laurel, di Mill Run, Pa. di Fayette County, yang berjarak sekitar 70 mil di sebelah timur Pittsburgh.



Green School Bali (John Hardy)
Dengan memanfaatkan bambu sebagai struktur dan konstruksi pada seluruh bangunan yang selesai dibangun tahun 2007 ini merupakan implementasi sang Arsitek dalam realisasi pemikirannya yaitu untuk menggunakan material alam yang berada disekitar Tapak. Dan pada saat itu material bambu sangat banyak didaerah itu. Bangunan bermassa banyak yang difungsikan sebagai sekolah internasional ini mengedepankan interaksi dengan alam pada setiap bangunannya, sehingga hampir keseluruhan bangunan dibiarkan tanpa sekat dinding yang bertujuan agar ruang dalam dan luar dapat menyatu.


Dengan memaksimalkan usaha dalam membentuk atap seperti rumah keong, arsitek berhasil menutup bangunan tanpa menggunakan bata maupun triplek untuk bangunan Mes Guru pada Green School Bali ini.



Eden Multiple Green House, Cornwall, Inggris (Nicholas Grimshaw)
Komplek Rumah Kaca raksasa ini merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia Botani, dengan menggunakan material Polymer sebagai pengganti kaca maka Rumah kaca ini tidak memberikan efek rumahkaca yang dapat memperburuk pemanasan Global.



Kerangka bangunan yang merupakan tempat melekatnya material polymer transparan pada bangunan ini dapat bergerak secara mekanis membuka selah pada pertemuan material sesuai dengan kebutuhan tumbuhan terhadap Musim. Sehingga bangunan ini seakan hidup seperti tumbuhan yang menyesuaikan diri terhadap musim yang datang.




ANALOGI ROMANTIK

Jika ditinjau, arsitektur merupakan karya seni, jadi arsiteknya adalah seniman sehingga ide peranannya menjadi penting.
Arsitektur harus mampu menggugah tanggapan emosional dalam diri si pengamat. Hal ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan menimbulkan asosiasi (mengambil rujukan dari bentuk-bentuk alam, dan masa lalu yang akan menggugah emosi pengamat) atau melalui pernyataan yang dilebih-lebihkan (penggunaan kontras, ukuran, bentuk yang tidak biasa yang mampu menggugah perasaan takut, khawatir, kagum dan lain-lain). Beberapa arsitek yang menggunakan analogi romantik dalam karyanya adalah petter Collins, Wayne O’Attoe, am Richardo Porro. Namun masing -masing memiliki pengertian masing-masing mengenai analogi romantik.

Wayne O’Attoe
Romantic design menggunakan asosiasi-asosiasi, bersesuaian dengan alam berarti pengaturan secara alamiah dan proses dari alam.
Association - Kesesuaian dengan masa lampau, lugu, primitif, kenangan masa lalu, berlebih-lebihan, dibuat-buat.
Exaggeration - Mereka tidak melihat, tidak punya pandangan, tidak mengerti, tidak memotret.
Analogi romantis mencari ‘INDAH’. Analogi lain mencari ‘BENAR’.

Peter Collins.
Analogi romantik merupakan kaidah-kaidah yang pernah ada, diurai dalam bentuk berbeda.
Masih berkiblat pada masa lalu, masih ada nilai-nilai, misal kolom romawi dibuat berbentuk lain. 

Richardo Porro.
Analogi romantik sebagai gambaran, diolah jauh sekali dari yang ada.

Contoh karya arsitektur dengan pendekatan analogi romantik:

BMW Central Building (Zaha Hadid Architect)
BMW Central Building terletak di Jerman, terdiri dari ground floor yang sebagian besar diperuntukkan karyawwan pabrik, dan first floor yang sebagian besar diperuntukkan karyawan BMW. Area bangunan seluas 25.000 m2 dikembangkan dengan  pola radial yang diasosiasikan sesuai kondisi perusahaan BMW yang bergerak dinamis. Bangunan ini memiliki satu massa sentral dan tiga massa pendukung dengan rangkaian ruang penghubung. Fasade bangunan dapat dianalogikan sebagai analogi romantik karena menimbulkan kesan eksklusif, kompeten, dan canggih.



Cincinnati Contemporary Arts Center (Zaha Hadid Architect)
Bangunan seluas 11000 kaki ini berfungsi sebagai galeri seni, pusat pendidikan seni anak, tempat pertunjukkan seni yang dilengkapi toko buku dan cafe. Bangunan ini memiliki analogi romantik karena bentuknya yang dinamis seperti puzzle dengan perbedaan level. Tingkat kompleksitas dan kontradiksi bangunan ini cukup tinggi dibanding sekitar, hal ini merupakan salah satu indikator bahwa CAC merupakan bangunan post-modern.



ANALOGI MEKANIK

Analogi yang menekankan pada mekanisme atau bekerjanya sebuah sistem. Yang menjadi perhatian adalah mekanisme yang ada di arsitektur, mekanisme gaya, pendayagunaan ruang ke ruang lain, mekanisme struktur, wujud, dan fungsi.
Pernyataan Le Corbusier bahwa “A home is machine to live in” (rumah adalah sebuah mesin untuk dihuni) adalah contoh penggunaan analogi mekanik dalam arsitektur. Bangunan seperti halnya sebuah mesin seharusnya hanya menyatakan apa sesungguhnya bangunan tersebut dan apa fungsi di dalamnya. Bangunan harusnya tidak menyembunyikan fakta-fakta ini dengan hiasan-hiasan yang tak relevan dalam bentuk gaya-gaya sebuah bangunan modern harus apap adanya, transparan dan bersih dari kebohongan-kebohongan atau hal-hal yang tidak prinsipil untuk menyesuaikan dengan dunia mekanisasi dan transportasi cepat saat ini. Dengan hanya menyatakan apakah meralat & apakah yang dilakukan, maka keindahan akan dating dengan sendirinya.

Contoh karya arsitektur dengan pendekatan analogi mekanik:

Villa Savoye (Le Corbusier)
Villa Savoye adalah sebuah vila modern di Poissy, di pinggiran kota Paris, Prancis. Ini dirancang oleh arsitek Swiss Le Corbusier dan sepupunya, Pierre Jeanneret, dan dibangun antara 1928 dan 1931 menggunakan beton bertulang.



Notre Dame du Haut (Le Corbusier)
Notre Dame du Haut adalah kapel Katolik Roma di Ronchamp, Prancis. Dibangun pada tahun 1955, ini adalah salah satu contoh terbaik dari arsitektur arsitek Franco-Swiss Le Corbusier. Kapel adalah bangunan keagamaan yang berfungsi dan berada di bawah perwalian yayasan swasta Association de l’Ĺ’uvre de Notre-Dame du Haut.


Dwika Risqi
Depok, 27 Oktober 2018
Thanks to:
https://www.academia.edu/16758365/ANALOGI_BIOLOGIS_DALAM_PERANCANGAN_ARSITEKTUR
https://www.fallingwater.org/what-is-fallingwater/
https://www.scribd.com/doc/204193051/ANALOGI-ROMANTIK#download
https://www.scribd.com/document/388439315/Tugasnya-BANDO-1
https://prezi.com/fecxtebxdfnm/teori-arsitektur-dan-analogi-desain-wayne-attoe/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan

Hutan Kota Bumi Perkemahan Cibubur