Kritik Arsitektur "Graha Lakon" karya Andyrahman Architect

Graha lakon merupakan sebuah bangunan kantor karya arsitek IAI, Andy Rahman. Berlokasi di Madiun, Jawa Timur. Kantor dengan total luas lahan 1270 meter persegi ini selesai dibangun pada tahun 2017. Lakon, yang dalam bahasa indonesia berarti tokoh utama dipilih sebagai judul karya arsitektur ini dengan maksud karena klien merupakan tokoh utama dalam proses desain rumah ini. Dari awal mulai pembangunan, klien mengumpulkan sendiri kayu-kayu bekas yang masih bagus sebagai elemen arsitektural dari bangunan ini.


Secara visual, eksterior bangunan ini dirancang dengan konsep kontemporer dengan memadukan sentuhan tradisional. Sesuai dengan judulnya “lakon” (lawas-kontemporer, laras-kontras) dapat terlihat pada penjajaran material bata ekspos dan kayu bekas (jendela jadul) pada elemen fasadnya. Selain itu, paduan antara elemen kontemporer seperti beton, besi, dan kaca terlihat sangat kontras dengan susunan batu bata.
Denah lantai 1
Denah lantai 2

Zoning pada bangunan kantor ini dibagi berdasarkan grid. Pada lantai dasar bagian depan merupakan zona publik seperti ruang tamu dan ruang tunggu. Bagian tengah merupakan taman terbuka, sedangkan bagian belakang merupakan zona servis seperti dapur dan tempat makan serta tangga untuk akses ke lantai 2. Di lantai 2, bagian belakang merupakan zona servis dan ruang rapat, sedangkan bagian depan merupakan area office.
Tampak depan

Tampak samping

Jika dilihat dari tampak depan, samping, dan belakang, bangunan ini memiliki tipe geometri kotak yang sangat cocok dengan konsep utama. Meskipun begitu sederhana, bangunan ini tetap terlihat memiliki seni yang hanya arsitek yang bisa mengerjakannya. Seni tersebut adalah susunan bata press yang disusun sedemikian rupa merupakan ciri khas arsitek Andy Rahman. Batu bata tersebut disusun dengan join yang unik sehingga terdapat lubang untuk ventilasi udara.

Secara keseluruhan, Graha Lakon ini dapat dikatakan merupakan karya arsitektur yang berhasil. Perpaduan antara konsep kontemporer dan tradisional sangat terasa pada karya ini, bahkan pintu kayu tradisional dengan ukiran bunga dapat diselaraskan dengan jendela kaca lebar yang menjadi ciri khas araitektur kontemporer. Graha Lakon ini merupakan salah satu karya menakjubkan dari arsitek Andy Rahman.

Dwika Risqi
Depok, 21 Desember 2018
Thanks to:
https://www.archdaily.com/893687/graha-lakon-andyrahman-architect

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Analogi dalam Arsitektur

Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan

Hutan Kota Bumi Perkemahan Cibubur