Hutan Kota Bumi Perkemahan Cibubur

Hutan kota di kawasan bumi perkemahan cibubur ini dinamakan Arboretum Cibubur. Hutan kota seluas 25 ha ini diresmikan pada tahun 1985 oleh mantan presiden RI Soeharto. Arti arboretum sendiri adalah taman botani. Kawasan Arboretum Cibubur merupakan sebuah kebun raya mini dengan koleksi berbagai tumbuhan hutan tropis. Di dalam juga terdapat zonasi penanaman. Di pintu masuk terdapat hutan tropis yang tutupan vegetasinya sangat rapat. Sehingga mampu memberikan penghawaan yang sejuk di sekitarnya. Setelah masuk sejauh 1-2 km terdapat vegetasi yang berbeda, yaitu hutan pinus.


Layout Plan
(sumber: http://www.buperta.co.id/)

Arboretum ini terletak di bagian selatan bumi perkemahan Cibubur. Tepat di sebelah rawa jemblung / situ baru. Apakah Arboretum ini dapat disebut sebagai hutan kota atau tidak, akan saya uraikan melalui penjelasan di bawah ini.

Fungsi dan manfaat hutan pada prinsipnya dapat ditentukan sebagai:

a.      Pencipta iklim mikro yang sejuk dan pengendalian polusi udara
Arboretum Cibubur sudah jelas dapat mengendalikan polusi udara. Pohon-pohon di dalamnya sangat rindang dan dapat menciptakan iklim yang sejuk. Adanya lumut kerak atau lichen (yang merupakan hasil simbiosis mutualisme antara jamur & alga) yang menempel pada bebatuan dan pohon juga merupakan bukti bahwa kualitas udara di kawasan itu bagus. Karena dari sumber yang saya dapat, semakin baik kadar kualitas udara atau semakin rendah polusi udara di suatu daerah, maka akan semakin subur pertumbuhan lichen di daerah tersebut.

b.      Pelindung terhadap erosi dan longsor
Untuk bencana longsor sendiri mungkin bukan merupakan masalah yang serius di kawasan ini. Arboretum Cibubur terletak pada dataran yang landai. Tapi karena pepohonan yang rindang dan memiliki akar yang kuat, itu cukup untuk menhindari tanah ambles ataupun erosi di bagian tepi rawa.

c.       Pencagaran flora dan fauna
Arboretum Cibubur membiarkan flora dan fauna berkembang biak dengan alami. Dengan kata lain, kawasan ini merupakan cagar flora dan fauna yang baik.

d.      Pembentuk (lansekap) alam sekitar
Sudah tentu Arboretum ini menjadi lansekap bagi kawasan sekitar. Apalagi kawasan cibubur yang penuh polusi udara dan berhawa panas, dengan adanya Arboretum ini, menjadi sebuah lansekap yang indah bagi alam sekitar.

e.      Pengatur/peresapan air hujan
Dengan luas sekitar 25 ha serta ditumbuhi pepohonan yang rindang dan tanah yang subur, arboretum ini sangat berguna bagi peresapan air hujan untuk menghindari terjadinya banjir di kawasan tersebut.

f.        Pelindung angin kencang dan pantulan sinar matahari
Pepohonan yang tinggi dan kuat akan sanggup menahan laju angin yang kencang. Serta dengan daun yang rindang dapat memecah laju angin serta melindungi daerah bawahnya dari teriknya sinar matahari.

g.      Pengelola humus dari limbah organik
Arboretum ini memiliki lingkungan yang asri, natural, alami, serta memiliki tanah yang subur. Maka dari itu, akan mudah untuk menguraikan limbah organik disini karena tanah yang ada di kawasan ini masih sangat alami dan subur.

h.      Penghasil kayu
Dengan pepohonan yang rindang, serta memiliki hutan pinus, arboretum ini merupakan penghasil kayu yang baik.

i.        Tempat rekreasi manusia
Arboretum ini menerima kunjungan bagi siapapun yang ingin menikmati kesejukan di dalamnya. Bisa juga belajar mengenai flora dan fauna disini. Kadang Arboretum ini juga dibuka untuk umum dan merupakan tempat rekreasi yang sangat nyaman.

Kesimpulan
Dari ulasan di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa Arboretum Cibubur seluas 25 ha ini dapat dikatakan sebagai hutan kota yang baik, karena memenuhi syarat pada setiap poin tentang fungsi dan manfaat hutan. Sungguh hal yang baik sekali menjaga kelestarian hutan kota ini, karena akan banyak manfaat yang kita peroleh darinya.

Sumber: http://biroelaut-tamasya.blogspot.co.id/2011/01/survey-peta-hijau-ke-cibubur.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Analogi dalam Arsitektur

Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan